Proyektil di Ruangan Effendi Simbolon Belum Pasti dari Glock IAW? | Jelajah Nasional - Jelajah Nasional

Thursday, October 18, 2018

Proyektil di Ruangan Effendi Simbolon Belum Pasti dari Glock IAW? | Jelajah Nasional

Jelajah Nasional – Tiga buah proyektil yang ditemukan di ruangan tiga anggota DPR kemarin dan hari ini tengah diperiksa di laboratorium forensik. Polisi ingin memastikan apakah peluru itu berasal dari senapan jenis Glock yang dipakai IAW saat latihan tembak reaksi cepat.

Adapun tiga ruangan yang juga ditemukan proyektil yakni di ruangan Anggota Fraksi Partai Demokrat Vivi Sumantri Jayabaya dan Khatibul Umam Wiranu. Juga di ruangan Anggota Fraksi PDIP Effendi Simbolon.

“Masih diperiksa tiga buah proyetil di labfor,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada Jelajah Nasional, Kamis (18/10).

Proyektil di Ruangan Effendi Simbolon Belum Pasti dari Glock IAW?Kepolisian telah menemukan lima proyektil di Gedung DPR RI. (Istimewa)

Artinya kata dia, belum dipastikan apakah tiga proyektil yang ditemukan itu berasal dari Glock yang dipakai IAW. “Betul (belum dipastikan), tunggu hasil uji balistik di laboratorium forensik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan dirinya baru mendapat hasil uji laboratorium forensik dua proyektil yang ditemukan sebelumnya. Yakni di ruangan Anggota Fraksi Partai Gerindra Wenny Warouw dan Ruangan Anggota Fraksi Partai Golkar Bambang Heri Purnama.

Hasilnya, identik dengan senjata yang digunakan IAW. “Karena masing-masing senjata punya ciri, seperti sidik jari ya, jadi punya ciri laras itu nggak sama. Bekasnya beda, dan ini nggak berubah,” jelas dia.

Karena itu, kesimpulan sementara bahwa proyektil yang ditemukan di tiga ruangan sebelumnya adalah peluru nyasar dari Lapangan Tembak Senayan. “Sampai saat ini, masih menduga peluru nyasar. Tapi nanti akan diuji coba direkonstruksi,” ujar Setyo.

Seperti diketahui kepolisian telah menemukan lima proyektil di Gedung DPR RI. Pihaknya saat ini masih mencari satu proyektil lainnya, karena di lokasi ditemukan enam lobang bekas tembakan.

Namun sejauh ini, baru dua peluru yang sudah dilakukan uji balistik oleh tim Puslabfor Mabes Polri. Untuk tiga berikutnya masih dilakukan pemeriksaan di labfor.

(dna/JPC)


Artikel yang berjudul “Proyektil di Ruangan Effendi Simbolon Belum Pasti dari Glock IAW? | Jelajah Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment