Wow, Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Ternyata Nikah Siri dengan Steffy | Jelajah Nasional - Jelajah Nasional

Wednesday, October 17, 2018

Wow, Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Ternyata Nikah Siri dengan Steffy | Jelajah Nasional

Jelajah Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap fakta baru ihwal hubungan antara Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dengan tenaga ahli Aceh Marathon 2018, Fenny Steffy Burase. Adapun hubungan tersebut yakni pernikahan siri antara Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dengan Fenny Steffy Burase. Hal tersebut dijabarkan dalam dokumen jawaban KPK atas gugatan praperadilan Irwandi Yusuf yang dibacakan dalam persidangan Rabu, (17/10).

Biro hukum KPK membeberkan bahwa Irwandi dan Steffy telah menikah siri pada 8 Desember 2017 di Jakarta, sehingga Steffy leluasa meminta uang kepada orang-orang dekat dan anak buah Irwandi. Karena ada kedekatan keduanya sebagai suami-istri.

“Bahwa berdasarkan beberapa berita acara pemeriksaan (BAP) yang termohon sampaikan dan percakapan WhatsApp dari telepon genggam Steffy Burase membuktikan bahwa sejak 8 Desember 2017 Irwandi Yusuf dan Fenny Steffy Burase telah terikat hubungan suami istri,” demikian bunyi dokumen jawaban KPK atas gugatan praperadilan yang dilayangkan Irwandi, di PN Jaksel.

Steffy BuraseFenny Steffy Burase, usai diperiksa 12 jam sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, terkait kasus dugaan suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) (Dery Ridwansyah/Jelajah Nasional)

Dalam dokumen itu, bukti pernikahan sirih itu tertuang dalam BAP saksi berinisial F tanggal 6 September 2018. Mulanya F mengungkapkan dirinya dikabari Steffy bahwa Steffy diajak menikah secepatnya oleh Irwandi Yusuf. Dia mengetahui hal tersebut karena saksi menghadiri acara akad nikah dan syukuran nikah mereka di salah satu apartemen di daerah Kebon Kacang di Jakarta.

“Saksi menjelaskan kehadirannya di Hotel Ascott Jakarta dari undangan Steffy Burase melalui chat WhatsApp yang mengundang saksi untuk hadir Jumat 8 Desember 2017 untuk menghadiri pernikahan Steffy Burase,” jelasnya dalam dokumen tersebut.

“Saksi datang ke lokasi pada pukul 11.00 WIB kemudian memasuki sebuah kamar bertemu Steffy Burase yang memakai baju gamis. Di sana saksi menemui 15 hingga 20 orang laki-laki dan perempuan yang ada di ruangan tersebut. Di antaranya ada seorang laki-laki yang memakai jas dan belakangan diketahui oleh saksi bahwa laki-laki tersebut adalah Irwandi Yusuf,”

Sementara itu, menanggapi tudingan itu, baik Irwandi maupun Steffy kompak membantahnya. “Hampir, tapi enggak jadi,” ujarnya usai menjalani pemeriksaan.

“Saya dekat dengan Pak Irwandi, benar, tapi tidak ada pernikahan atau mungkin belum ada pernikahan. Tidak ada pernikahan,” ujar Steffy di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Sebelumnya, kasus ini bermula saat Bupati Bener Meriah, Ahmadi diduga memberikan uang kepada Gubernur Aceh sebesar Rp 500 juta bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta Gubernur Aceh terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan insfrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada provinsi Aceh tahun anggaran 2018.

Diduga pemberian tersebut merupakan bagian dari komitmen fee 8 persen yang menjadi bagian untuk pejabat di Pemerintah Aceh dari setiap proyek yang dibiayai dari DOKA.

Pemberian kepada Gubernur dilakukan melalui orang-orang dekat Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah yang bertindak sebagai perantara.

Dalam kegiatan ini lembaga antirasuah mengamankan beberapa bukti diantaranya uang sebesar Rp 50 juta, bukti perbankan dan catatan proyek.

Sebagai pihak yang diduga menerima Irwandi Yusuf, Hendri Yuzal, dan Syaiful Bahri disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 UU 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dan sebagai pihak diduga pemberi Ahmadi disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau pasal 13 UU 32/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001.

(ipp/JPC)


Artikel yang berjudul “Wow, Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Ternyata Nikah Siri dengan Steffy | Jelajah Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment