Jika CVR Tak Ditemukan, KNKT Siapkan Skenario Ini - Jelajah Nasional

Monday, November 5, 2018

Jika CVR Tak Ditemukan, KNKT Siapkan Skenario Ini

Jelajah Nasional – Memasuki hari kedelapan evakuasi pesawat Lion Air JT-610, Cockpit Voice Recorder (CVR) black box belum juga ditemukan. Sejauh ini baru didapat Flight Data Recorder (FDR).

Padahal CVR sangat dibutuhkan untuk mengungkap tabir misteri jatuhnya burung besi tersebut.

Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Nurcahyo Utomo mengatakan, jika CVR tidak ditemukan maka akan menghambat proses investigasi, lantaran data yang dipunyai terbatas.

Jika CVR Tak Ditemukan, KNKT Siapkan Skenario Ini

“Kalau (CVR, Red) nggak ketemu apa boleh buat. Kita pakai data semua yang ada,” kata Nurcahyo di kantor KNKT, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Di tempat sama, Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan tidak akan menyerah mencari keberadaan CVR. Mengingat komponen tersebut sangat penting.

KNKT sendiri belum bisa menentukan apakah proses pencarian CVR dihentikan. Bahkan ketika tim SAR gabungan telah menyatakan menghentikan evakuasi, KNKT masih membuka peluang untuk tetap mencari CVR.

“Tapi sekuat dan semua daya upaya kita kerahkan mencari CVR. Kami nggak bisa tentukan sampe kapan. Kalau emang semaksimal mungkin kita nggak bisa ketemukan kita akan sampaikan ke keluarga korban,” jelas Soerjanto.

Sementara itu saat ini KNKT tengah berdialog dengan perusahaan pembuat black box untuk memahami karakteristiknya. Pasalnya sinyal CVR sering hilang dari jangkauan ping locator.

“Kita lagi diskusi dengan pabrik pembuatnya (black box, Red), kenapa kemarin sinyalnya bunyi sekarang hilang. Apa kalau masuk ke dalam lumpur sinyal hilang,” pungkas Soerjanto.

(sat/JPC)


Artikel yang berjudul “Jika CVR Tak Ditemukan, KNKT Siapkan Skenario Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment