Pengangkatan Mesin Lion Air JT-610 Terkendala Tebalnya Lumpur - Jelajah Nasional

Saturday, November 3, 2018

Pengangkatan Mesin Lion Air JT-610 Terkendala Tebalnya Lumpur

Jelajah Nasional – Evakuasi bangkai pesawat Lion Air JT-610 di hari keenam menemui sejumlah kendala. Salah satunya yakni tebalnya lumpur di dasar laut, sehingga menutupi puing-puing pesawat nahas ini.

Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, sampai malam ini setidaknya beberapa bagian besar pesawat sudah ditemukan. Meliputi roda pesawat bagian depan dan belakang yang telah berhasil diangkat ke permukaan.

Sementara itu, pengangkatan mesin dan bagian besar pesawat lainnya terhambat oleh tebalnya lumpur. Sehingga operasi harus ditunda sementara, mengingat hari sudah malam.

Pengangkatan Mesin Lion Air JT-610 Terkendala Tebalnya LumpurKetebalan lumpur yang mencapai 1,5 meter menyulitkan proses evakuasi, bangkai atau bagian pesawat, Sabtu (3/11). (Salman Toyibi/Jawa Pos)

“Mesin belum terangkat tapi kami sudah liat lewat ROV, kemudian bagian-bagian (pesawat, Red) yang lain juga sudah terlihat,” ujar Budi di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11).

Lebih lanjut, Budi menerangkan, untuk pencarian besok, tim SAR gabungan akan difokuskan di titik penemuan bagian besar pesawat ini. Mereka meyakini di lokasi tersebut masih terdapat beberapa bagian besar pesawat JT 610.

“Untuk besok kegiatan akan kami difokuskan lagi di daerah yang tadi kami temukan bagian-bagian besar tersebut. Jadi, kami akan konsentrasi di situ,” imbuhnya.

Sementara itu, tidak dipungkiri jika lumpur menghambat proses evakuasi ini. Di lokasi tersebut ketebalan lumpur mencapai 1,5 meter.

“Itu kan bawahnya ada yang lumpur, kedalamannya satu hingga satu setengah meter. Makanya yang tadi saya bilang besok pencarian akan difokuskan lagi di situ,” pungkas Budi.

(sat/JPC)


Artikel yang berjudul “Pengangkatan Mesin Lion Air JT-610 Terkendala Tebalnya Lumpur” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment