Supaya Balik ke Penjara, Napi-Tahanan Sulteng Diiming-imingi Remisi - Jelajah Nasional

Monday, November 26, 2018

Supaya Balik ke Penjara, Napi-Tahanan Sulteng Diiming-imingi Remisi

Jelajah Nasional – Napi dan tahanan yang belum menyerahkan diri sejak gempa serta tsunami melanda Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), masih banyak. Data terakhir Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjenpas Kemenkum HAM) kemarin (26/11), sebanyak 318 orang berada di luar lapas dan rutan. Padahal, batas waktu penyerahan diri sudah lewat sebulan.

Menkum HAM Yasonna H. Laoly mengungkapkan, sampai kemarin jumlah napi dan tahanan yang menyerahkan diri mencapai 1.197 orang. “Tinggal sedikit lagi karena mereka terus masuk,” kata dia ketika diwawancarai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Yasonna memaklumi napi maupun tahanan yang memilih lari untuk menyelamatkan diri ketika gempa dan tsunami terjadi. Demikian halnya dengan yang terpaksa meninggalkan lapas atau rutan demi memastikan kondisi keluarga masing-masing. Hanya, Ditjenpas Kemenkum HAM tetap memberikan batas. Yakni, sampai Jumat (26/10). Bahkan, mereka menjanjikan remisi untuk napi dan tahanan yang menyerahkan diri.

Supaya Balik ke Penjara, Napi-Tahanan Sulteng Diiming-imingi RemisiIlustrasi: napi dan tahanan di Lapas Sulteng diminta untuk kembali ke penjara. Kalau kembali, mereka dijanjikan remisi. (Maulana/Radar Banjarmasin/Jawa Pos Group)

Namun, remisi tidak berlaku untuk semua napi dan tahanan. “Yang betul-betul masuk pada deadline itu kami kasih remisi khusus,” ujar Yasonna. Berapa jumlahnya dan berapa lama remisi diberikan? Yasonna mengatakan masih dihitung Ditjenpas.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utami menjelaskan, sampai kemarin instansinya masih menunggu usulan nota dinas kepada Kemenkum HAM disetujui. Mereka memberikan usulan itu untuk menyusun pengajuan keputusan presiden (kepres) tentang remisi. “Remisi diberikan berdasarkan kepres,” terang dia kepada Jawa Pos. Setelah usulan disetujui, mereka langsung menyusun pengajuan kepres tersebut.

Kabaghumas Ditjenpas Kemenkum HAM Ade Kusmanto menuturkan, pemberian remisi masih diproses. Karena itu, dia belum bisa menyampaikan penjelasan tentang remisi secara terperinci.

Lantas, bagaimana dengan napi serta tahanan yang tidak kunjung kembali ke sel? Mereka masih dicari. Sampai kemarin, terdata ada 318 napi dan tahanan yang belum menyerahkan diri. 

(syn/c10/oni)


Artikel yang berjudul “Supaya Balik ke Penjara, Napi-Tahanan Sulteng Diiming-imingi Remisi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment