Bukan Main Hakim Sendiri, Jika Dirugikan Habib Bahar Bisa Lapor Polisi - Jelajah Nasional

Wednesday, December 19, 2018

Bukan Main Hakim Sendiri, Jika Dirugikan Habib Bahar Bisa Lapor Polisi

Jelajah Nasional – Habib Bahar bin Smith terus saja berurusan dengan polisi. Jika sebelumnya terkait kasus ujaran kebencian dan penghinaan kepada Presiden Joko Widodo, kali ini dia terjerat kasus penganiayaan.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, seharusnya Bahar bin Smith melaporkan ke kepolisian jika memang merasa dirugikan, bukan justru main hakim sendiri. Menurut Dedi, hal itu merupakan hak setiap warga negara.

“Asas hukum kita kan equality before the law semuanya sama di mata hukum,” kata Dedi seperti dikutip dari Jelajah Nasional (Jawa Pos Group), Rabu (19/12).

Bukan Main Hakim Sendiri, Jika Dirugikan Habib Bahar Bisa Lapor PolisiHabib Bahar bin Smith resmi jadi tersangka dan ditahan di Polda Jawa Barat (Siti Fatonah/Jelajah Nasional)

Dalam kasus ini, Habib Bahar dan lima orang lainnya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka secara bersama-sama dimuka umum melakukan kekerasan terhadap orang dan atau penganiayaan dan atau merampas kemerdekaan orang lain dan atau turut bersama-sama melakukan tindak pidana dan atau melakukan kekerasan terhadap anak

Mereka dijerat dengan Pasal 170 KUHP dan atau 351 KUHP dan atau dan atau Pasal 333 KUHP dan atau Pasal 55 Ayat (1) KUHP dan atau Pasal 80 UU 35/2014 tentang perubahan atas UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Seperti diketahui kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar Bin Smith kepada MK alias Zaki, 17, dan CAJ, 18, berawal dari penjemputan paksa di rumah korban. Orang tua korban yang berusaha menghalang-halangi pun turut diangkut bersama korban ke Pondok Pesantren Tajul Alawiyin di Kampung Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/12) lalu.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya menerima laporan dari korban Zaki dan CAJ. Dua orang tersebut mengadu mendapat perlakuan atau tindakan kekerasan. Mulai dari penjemputan secara paksa di rumah korban hingga di aniaya di pondok.

“Setelah itu korban disuruh berantem atau berkelahi, dan kemudian dianiaya sampai tengah malam. Orang tua korban tidak terima dan melaporkan,” kata Agung di Mapolda Jabar, Bandung.

(jpg/ona/JPC)


Artikel yang berjudul “Bukan Main Hakim Sendiri, Jika Dirugikan Habib Bahar Bisa Lapor Polisi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment