CPNS 2018 Selesai, Pemberkasan NIP Mulai Diproses - Jelajah Nasional

Monday, December 31, 2018

CPNS 2018 Selesai, Pemberkasan NIP Mulai Diproses

Jelajah Nasional – Menjelang tutup tahun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai memproses usulan nomor induk pegawai (NIP). Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, belum seluruh instansi yang telah mengumumkan kelulusan tahap akhir mengajukan usulan pemberkasan NIP.

Ridwan mencontohkan instansi yang sudah mengusulkan pemrosesan NIP. Yakni, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Kementerian itu telah mendapatkan kepastian penerbitan surat pertimbangan teknis (pertek) NIP CPNS hasil perekrutan 2018.

“Dari 2.000 formasi (CPNS di Kemenkum HAM, Red), 1.985 formasi terbit pertek-nya,” katanya kemarin. Sementara itu, ada 13 formasi yang pertek-nya ditunda sementara. Formasi tersebut terdapat di Kanwil Kemenkum HAM Sulawesi Tengah (Sulteng). “Penundaan untuk kanwil Sulteng itu karena kebencanaan,” jelasnya.

CPNS 2018 Selesai, Pemberkasan NIP Mulai DiprosesPeserta CPNS saat mengikuti tes SKD di Lombok. (Sirtu/Lombok Post/Jawa Pos Group)

Sebagaimana diketahui, gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya September lalu berdampak pada penyelenggaraan seleksi CPNS 2018. Selain itu, menurut Ridwan, ada dua formasi yang pertek-nya harus melalui penggantian karena orangnya mengundurkan diri.

Dia menegaskan, BKN tidak bisa menetapkan kapan PNS baru di Kemenkum HAM tersebut efektif bekerja. Ketentuan mulai bekerja adalah saat NIP diterbitkan. Penerbitan NIP ditentukan oleh instansi masing-masing.

Usulan penetapan atau pemberkasan NIP maksimal disampaikan pada 28 Februari 2019. Penetapan NIP baru diproses setelah berkas usulan diterima lengkap oleh BKN. “Ketepatan waktu instansi menyampaikan usulan penetapan NIP turut menentukan waktu TMT (terhitung mulai tanggal, Red),” tuturnya. Perhitungan TMT itu juga terkait dengan dimulainya masa bekerja di lingkungan birokrasi. 

(wan/c11/ali)


Artikel yang berjudul “CPNS 2018 Selesai, Pemberkasan NIP Mulai Diproses” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment