Duka di Bumi Palu-Donggala, Ribuan Korban Meninggal Dunia - Jelajah Nasional

Thursday, December 20, 2018

Duka di Bumi Palu-Donggala, Ribuan Korban Meninggal Dunia

Jelajah Nasional – Bencana alam silih berganti sepanjang 2018. Salah satu yang terbesar adalah Gempa di Sulawesi Tengah pada 28 September 2019.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang disertai tsunami itu menyebabkan lebih dari 2.073 korban meninggal dunia, bahkan juga menghilang.

Bukan hanya gempa dan tsunami, wilayah tersebut juga dilanda likuifaksi, tepatnya di Petobo dan Balaroa. Pemerintah setempat menyatakan, ada 5.000 KK yang tinggal di kedua daerah itu, namun sebagian besarnya tidak ditemukan karena tertimbun lumpur, tanah, serta amblasan konstruksi jalan.

Duka di Bumi Palu-Donggala, Ribuan Korban Meninggal Dunia

Kejadian itu tentunya menyebabkan kerugian dan kerusakan. Tercatat, bencana alam di Sulteng telah melebihi kerugian gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga terjadi dalam waktu berdekatan sebelumnya, yakni mencapai Rp 18,4 triliun.

Per Minggu (28/10), atau tepat sebulan pascabencana, dampak ekonomi itu meliputi kerugian mencapai Rp 2,89 triliun dan kerusakan mencapai Rp 15,58 triliun.

Kepala Pusdatinmas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, kerusakan adalah nilai kerusakan stock fisik aset. Sedangkan kerugian merupakan arus ekonomi yang terganggu akibat bencana, yaitu pendapatan yang hilang dan atau biaya yang bertambah akibat bencana pada 5 sektor. Antara lain permukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.

Dari sektor permukiman sendiri, kerugian mencapai Rp 9,41 triliun, sektor infrastruktur Rp 1,05 triliun, sektor ekonomi Rp 4,22 triliun, sektor sosial Rp 3,37 triliun, dan lintas sektor mencapai Rp 440 juta.

Dampak kerugian dan kerusakan di sektor permukiman adalah paling besar karena luas dan masifnya dampak bencana. Hampir sepanjang pantai di Teluk Palu bangunan rata tanah dan rusak berat.

Palu kini dalam masa pemulihan. Pemerintah bersama para NGO, saat ini bersatu padu mendirikan ribuan hunian sementara bagi lebih dari 200.000 pengungsi.

Bantuan masih terus berdatangan menjelang dua bulan pascabencana, Selasa (18/12). Meski statusnya tidak dinaikkan menjadi bencana nasional, ada 18 negara yang telah memberikan bantuan ke Indonesia.

Negara-negara itu antara lain Amerika Serikat, Prancis, Ceko, Swis, Norwaygia, Hongria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar. Juga ada Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, India, serta Tiongkok.

Tim hitung cepat rehabilitasi dan rekonstruksi BNPB dan UNDP terus menghitung dampak dan kebutuhan untuk pemulihan. Sementara ini, kebutuhan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana diperkirakan lebih dari Rp 10 triliun.

“Tentu ini bukan tugas yang mudah dan ringan, namun Pemerintah dan Pemda akan siap membangun kembali nantinya,” kata Sutopo beberapa waktu lalu. 

(yes/JPC)


Artikel yang berjudul “Duka di Bumi Palu-Donggala, Ribuan Korban Meninggal Dunia” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment