Iluni UI Tegaskan Netral, Polisikan Pihak yang Catut Nama Organisasi - Jelajah Nasional

Friday, December 14, 2018

Iluni UI Tegaskan Netral, Polisikan Pihak yang Catut Nama Organisasi

Jelajah Nasional – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menegaskan sikap politiknya di Pemilu 2019. Mereka sebagai lembaga memastikan akan tetap netral, alias tak berpihak ke kubu manapun.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Iluni UI, Andre Rahadian mengatakan, organisasinya memang mewadahi seluruh alumni tanpa terkecuali dari mana latarnya. Namun, Iluni tidak condong kepada kekuatan politik atau kelompok tertentu.

“Kami tegaskan Iluni milik seluruh alumni UI yang memiliki beragam agama, pandangan politik dan profesi serta keahlian yang berbeda,” ujar Andre lewat siaran pers yang diterima Jelajah Nasional, Sabtu (14/12).

Iluni UIPengurus Iluni UI ketika memberikan keterangan pers kepada awak media di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, kemarin. (Ist/Jelajah Nasional)

Andre menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan adanya penyebaran poster atau meme yang menggunakan nama dan foto pengurus Iluni UI, pada acara deklarasi salah satu capres.

Andre menegaskan, jika ada alumni UI yang mendukung paslon atau parpol, mereka mempersilakannya. “Asalkan sebagai pribadi atau individu dan tidak membawa atau memakai nama dan atribut organisasi,” tegas dia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono, Ketua merangkap juru bicara Iluni UI Eman Sulaeman Nasim, Bendahara Umum ILUNI UI Didit Ratam.

Bantah Poster Dukungan Deklarasi Capres

Dalam kesempatan itu, Andre juga memastikan Iluni UI tidak akan hadir dalam deklarasi dukungan capres manapun. Bila ada isu atau informasi yang menyebutkan Iluni UI mendukung, dipastikan hal tersebut adalah hoax.

“Jika masih tetap menggunakan nama, foto ataupun logo organisasi, kami tak akan segan segan untuk melaporkan hal ini kepada aparat penegak hukum,” tegas Andre.

Andre juga membantah adanya poster atau meme yang viral di media massa. Di situ mencantumkan foto badan pengurus harian (BPH), disertai tulisan sekaligus dukungan Iluni UI terhadap salah satu capres pada Sabtu 17 Januari mendatang.

“Meme dan poster tersebut dibuat pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Mereka ingin mendiskreditkan nama baik Iluni UI,” beber dia.

“Kami akan segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian,” pungkasnya.

(mam/JPC)


Artikel yang berjudul “Iluni UI Tegaskan Netral, Polisikan Pihak yang Catut Nama Organisasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment