Rekrutmen PPPK Dimulai Februari, 150 Ribu Guru Honorer Berpeluang - Jelajah Nasional

Thursday, December 13, 2018

Rekrutmen PPPK Dimulai Februari, 150 Ribu Guru Honorer Berpeluang

Jelajah Nasional – Hasil rapat kerja antara Kemendikbud, Kementerian PAN-RB, Kemenkeu, Kemendagri, dan Komisi X DPR kemarin (12/12) membawa angin segar bagi ratusan ribu guru honorer. Hasil rapat menyimpulkan, 150.669 guru honorer diberi kesempatan ikut seleksi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun depan.

Rapat sempat alot karena ada 74.794 guru honorer yang belum S-1 atau D-4. Padahal, syarat untuk menjadi guru sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah minimal berijazah sarjana S-1 atau D-4. Akhirnya diputuskan, guru-guru tersebut tetap harus menyelesaikan gelar sarjana untuk bisa ikut seleksi PPPK. Alasannya, pemerintah tidak ingin melanggar UU.

Lantas, kapan seleksi menjadi PPPK bagi guru honorer itu bisa dijalankan? “Saya tidak tahu boleh disampaikan atau tidak. Insya Allah, Februari akan kami buka penerimaan rekrutmen PPPK. Mudah-mudahan bisa terlaksana,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Rekrutmen PPPK Dimulai Februari, 150 Ribu Guru Honorer BerpeluangPemerintah memberi kesempatan kepada 150 ribu guru honorer untuk mengikuti rekrutmen PPPK. (Rangga/Metropolitan/Jawa Pos Group)

Terkait dengan berapa kuota lowongan PPPK yang tersedia nanti, Muhadjir menyatakan masih membahasnya dengan lintas kementerian. Sebab, itu terkait dengan kondisi keuangan negara.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menegaskan bahwa pembukaan rekrutmen PPPK tahun depan sampai sekarang terus dibahas. Karena masih terkait dengan dua hal teknis, yakni teknis anggaran dan jumlah kuotanya. “Kami inginkan tiga bulan ke depan (selesai, Red). Maret maksimal,” ucapnya. 

(wan/c9/agm)


Artikel yang berjudul “Rekrutmen PPPK Dimulai Februari, 150 Ribu Guru Honorer Berpeluang” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment