Tertangkap, Pencuri Blanko e-KTP Anak Pegawai Dukcapil Lampung - Jelajah Nasional

Tuesday, December 11, 2018

Tertangkap, Pencuri Blanko e-KTP Anak Pegawai Dukcapil Lampung

Jelajah Nasional – Polda Metro Jaya menangkap pelaku jual-beli blanko e-KTP secara online. Pelaku diketahui merupakan anak dari pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, penangkapan dilakukan pada Kamis (10/12) kemarin di Lampung, setelah pihaknya melakukan penyelidikan. Pelaku berinisial DID alias NID.

“Kemarin tanggal 10 Desember kami sudah menangkap pelakunya di Lampung. Dia memang anaknya daripada pegawai Dukcapil di Lampung sana,” kata Argo, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/12).

Tertangkap, Pencuri Blanko e-KTP Anak Pegawai Dukcapil LampungPelaku merupakan anak dari pegawai Dinas Dukcapil Tulang Bawang (Dok. Jelajah Nasional)

Argo menambahkan pelaku mengambil blanko yang disimpan orang tuanya. Kemudian dia memasarkan melalui media online blanko kosong yang diambilnya. Namun untuk motif pelaku masih dalam penyidikan.

“Dia mengambil blangko e-KTP tanpa izin dari orang tuanya, kemudian dia browsing atau dia jual di media online,” ungkapnya.

Seperti diketahui, penjualan blanko e-KTP ditemukan di situs jual beli online. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengatakan pencurian blangko e-KTP tersebut terjadi pada Maret 2018. Karena pada saat itu blangko e-KTP tengah dilakukan pendistribusian ke berbagai daerah.

“Seseorang berinisial NI (NID) yang mencuri blangko e-KTP diperkirakan terjadi pada Maret 2018. Karena pada 13 Maret 2018, blanko e-KTP diserahkan ke daerah,” ungkap.

Meski blangko e-KTP dijualbelikan secara online, namun e-KTP tidak bisa dicetak di sembarang tempat karena pencetakan menggunakan mesin cetak yang sudah diprogram secara khusus.

(rgm/JPC)


Artikel yang berjudul “Tertangkap, Pencuri Blanko e-KTP Anak Pegawai Dukcapil Lampung” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment