Banyak Layanan Publik Inovatif di Berbagai Daerah - Jelajah Nasional

Tuesday, January 29, 2019

Banyak Layanan Publik Inovatif di Berbagai Daerah

Jelajah Nasional – APPSI Gubernur Awards yang diadakan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) bersama Jawa Pos mendapat sambutan positif. Pemerintah pusat bahkan meminta kegiatan tersebut digelar secara rutin. Hal itu diungkapkan Mendagri Tjahjo Kumolo di malam penganugerahan APPSI Gubernur Awards di Hotel Shangri-La Surabaya tadi malam (28/1).

“Event seperti ini harus rutin diadakan. Jika perlu dua tahun sekali. Agar setiap daerah lebih terpacu berinovasi,” tuturnya.

Acara APPSI Gubernur Awards tadi malam berlangsung meriah. Selain Mendagri, acara itu juga dihadiri sejumlah gubernur, perwakilan kementerian, hingga bupati/wali kota di Jatim. Sejumlah tampilan tersaji. Mulai tarian kolosal dari Madura hingga stand-up comedy oleh Cak Lontong.

Banyak Layanan Publik Inovatif di Berbagai DaerahTiga dari Kiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat hadi dalam acara APPSI di Shangri-la Hotel Surabaya, kemarin, Senin (28/1/2019). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Ada 19 kepala daerah yang menerima penghargaan. APPSI dan Jawa Pos juga menganugerahkan Lifetime Achievement Award kepada Soekarwo atas keberhasilannya memimpin Jatim sejak 2009 hingga 2019. Pada 12 Februari nanti, masa jabatan Soekarwo sebagai gubernur Jatim berakhir.

Tjahjo yakin acara tersebut mampu memotivasi para gubernur untuk melakukan gebrakan demi kemajuan lebih besar.

Hal itu sangat penting. Sebab, pembangunan di tiap daerah harus dilakukan di seluruh sektor. Selain yang berskala besar, sektor-sektor mikro seperti UMKM atau industri kreatif sudah waktunya dikembangkan di daerah. “Karena itu, sangat layak untuk digelar rutin,” ulangnya.

APPSI Gubernur Awards dibagi menjadi dua kategori. Pertama, Adhi Purna Prima Award, yakni penghargaan untuk gubernur yang menjabat satu periode atau berjalan. Ada 13 penghargaan pada kategori tersebut. Kedua, Adhi Purna Karya Award. Penghargaan itu diberikan untuk gubernur yang telah dua periode menjabat atau tengah berjalan. Ada enam penghargaan di kategori tersebut.

APPSI juga menganugerahkan lifetime achievement bagi gubernur dengan track record kepemimpinan yang layak diteladani. Penganugerahan APPSI Gubernur Awards bagi pemprov berprestasi itu melalui proses yang cukup panjang. APPSI menerjunkan tim tunas muda. Mereka bertugas melakukan riset dan pengumpulan data inovasi serta keberhasilan pemda di 34 provinsi.

Hasil riset tersebut diperkuat dengan data BPS serta penelitian yang dilakukan Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP). “Spirit utama kami adalah memotivasi para gubernur untuk terus berinovasi,” kata Direktur Utama PT Jawa Pos Koran Leak Kustiyo.

APPSI dan Jawa Pos berharap anugerah tersebut bisa menjadi sarana untuk membangun sinergi antardaerah.

Sementara itu, Ketua APPSI Soekarwo menyebutkan, ide penganugerahan tak terlepas dari “tenggelamnya” inovasi-inovasi para kepala daerah. Sebenarnya banyak layanan publik inovatif yang dilakukan pemprov-pemprov di Indonesia. “Tapi, yang lebih sering muncul sebagai headline di media adalah OTT (operasi tangkap tangan, Red). Jangan sampai prestasi kepala daerah tertutup karena masalah mereka yang keseleo,” tuturnya. 

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : (ris/c9/c11/oni)


Artikel yang berjudul “Banyak Layanan Publik Inovatif di Berbagai Daerah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment