Heboh Pidato Prabowo Pakai Teleprompter, Emak-emak Sebut Bukan Aib Justru ‘Diserang’ - Jelajah Nasional

Tuesday, January 15, 2019

Heboh Pidato Prabowo Pakai Teleprompter, Emak-emak Sebut Bukan Aib Justru ‘Diserang’

Jelajah Nasional- Ternyata bukan pidato kebangsaan capres 02 Prabowo Subianto yang paling banyak dibicarakan warganet. Sebelumnya, Capres Prabowo menyampaikan idato Kebangsaan dengan visi-misi Indonesia Menang di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Justru soal pidato Prabowo menggunakan Teleprompter lebih menarik perhatian sebagian warganet hingga menjadi perbincangan serius.

Penggunaan teleprompeter ini ikut dijelaskan oleh emak-emak yang memaparkan tentang teleprometer.

BACA JUGA : Jika Terpilih, Prabowo Janji Jamin Kebebasan Pers, Kemerdekaan Berpendapat dan Hentikan Persekusi Oposisi

Emak-emak tak lain adalah Putri Gus Mus, Ienas Tsuroiya ikut menerangkan tentang alat tersebut.  

Berikut tulisannya :

“Tadi tergelitik baca postingan teman saya yang memuji-muji pidato Pak Prabowo dengan penekanan, “disampaikan tanpa teks!” Saya terus-terang ngga nonton, tapi ketika fotonya nongol di medsos, saya langsung tahu kalau beliau menggunakan teleprompter.”

“Bukan hal yang aib, lha wong Obama yang dikenal sebagai orator ulung saja selalu pake teleprompter kok. Baca saja beritanya, sampe dia sering diolok-olok lawan politik “ngga bakalan bisa ngomong kalau ngga pake teleprompter.”

“Saingat saya, pertama kali melihat secara langsung tokoh publik di Indonesia yang berpidato memakai teleprompter adalah Pak Aburizal Bakrie, dalam acara Bakrie Award beberapa tahun lalu. Tamu di sebelah saya pun sempat terkagum-kagum, “Kok bisa dia menghafal teks pidato sepanjang itu ya.. ?” Saya cuma senyam-senyum saja. Memang dari sisi audiens, tulisannya ngga kebaca. Jadi kesannya seperti pidato tanpa teks.Tapi teman saya masih ngeyel, ngga percaya. Ya wislah.”

Namun, justru apa yang dia dapatkan? Dia mempertanyakan banjir cacian yang dia terima dari warganet.

“Jadi sekali lagi, pake teleprompter itu bukan aib. Entah kenapa kok para pendukung 02 marah-marah dan menyerang saya? Ini sedikit contohnya. Yang lain masih banyaaak….,” katanya.

Catatan: Saya menulis postingan ini bukan untuk merendahkan Pak Prabowo, tapi hanya sekedar mengungkap fakta. Jadi tolong para pendukung capres 02, jangan tersinggung, dan kalau komen yang sopan ya. Kalau kelewatan, mbak admin akan hapus dan mungkin diikuti dengan blokir. 
Demikian juga untuk para pendukung 01, janganlah mengolok-olok Pak Prabowo.

Intinya: jangan berantem di Beranda saya. Please,”

Salah satu jenis Teleprompeter (hyrmax.se)

Apa Itu Teleprompter

Melansir dari Wikipedia, teleprompter adalah alat bantu baca khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum. Alat ini digunakan orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan tanpa menggunakan teks.

Awalnya alat ini digunakan oleh penyiar berita televisi agar dalam menyampaikan berita kepada penonton televisi terlihat seperti berbicara tanpa membaca.

Oleh karena itu, tulisan yang ditampilkan dalam teleprompter disusun menyerupai bahasa lisan, sehingga para penonton tidak merasa terganggu dengan aktivitas penyiar yang harus menundukkan kepalanya untuk membalikkan teks berita yang bersangkutan.

Tablet dengan Teleprompeter (pinterest.com)

Menurut Wikipedia, perkembangan teknologi dari masa ke masa turut mengubah bentuk dan kegunaan serta fitur-fitur yang ada dalam teleprompter. Contoh nyatanya adalah pemasangan teks berjalan disudut-sudut gedung untuk kepentingan periklanan.

Contoh lainnya adalah jenis teleprompter baru yang dinamakan Interrotron. Selain itu, perubahan ini juga dapat dilihat jelas dari pemakaiannya dalam televisi, pidato , dan konser musik. Bahkan, kini sudah teleprompter yang mengenakan ponsel pintar. (asr)


Artikel yang berjudul “Heboh Pidato Prabowo Pakai Teleprompter, Emak-emak Sebut Bukan Aib Justru ‘Diserang'” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment