Kasus Meikarta, Jaksa KPK Sanggah Eksepsi Billy Sindoro - Jelajah Nasional

Wednesday, January 2, 2019

Kasus Meikarta, Jaksa KPK Sanggah Eksepsi Billy Sindoro

Jelajah Nasional – Dugaan kasus suap izin proyek pembangunan Apartemen Meikarta, Kabupaten Bekasi dengan terdakwa Billy Sindoro kembali digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (2/1). Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyanggah eksepsi dari terdakwa.

Pada sidang sebelumnya ketiga terdakwa yakni Billy Sindoro, Taryudi, Henry Jasmen, dan Taryudi menyatakan keberatan terhadap materi dakwaan jaksa. kemudian diajukan eksepsi.

Namun pihak Jaksa KPK menilai materi eksepsi terdakwa sudah melampaui batas dari aturan KUHP atau kabur yang dinyatakan dalam sidang tanggapan jaksa, Rabu (2/1).

Kasus Meikarta, Jaksa KPK Sanggah Eksepsi Billy SindoroTerdakwa Billy Sindoro di PN Bandung (Siti Fatonah/ Jelajah Nasional)

“Surat dakwaan JPU sudah uraikan perbuatan terdakwa dengan cermat baik dari sikap batin hingga perbuatan pidana dari terdakwa untuk menilai sikap perbuatan terdakwa,” kata jaksa KPK, Yadyn di PN Bandung, Rabu (2/1).

Pihaknya menegaskan, dakwaan sudah memberikan gambaran ‎detail soal perbuatan terdakwa sesuai yang diatur dalam aturan pidana. Di mana, bagaimana, akibat dari tindak pidana, serta aturan yang mendorong ‎perbuatan pidana dari terdakwa.

Kemudian Jaksa KPK lainnya, Taufik Ibnugroho menyatakan eksepsi yang dibacakan tim penasehat hukum terhadap ketiga terdakwa lebih banyak membahas soal materi pokok perkara yang seharusnya dibuktikan dalam proses persidangan.

“Bahwa dakwaan jaksa sudah sesuai dengan aturan. Sehingga, kami meminta yang mulia untuk mengesampingkan eksepsi dan melanjutkan persidangan ke pembuktian,” paparnya. 

Untuk kelanjutannya, majelis hakim akan ‎membacakan putusan terhadap eksepsi dan tanggapan eksepsi pada Rabu pekan depan.

(ona/JPC)


Artikel yang berjudul “Kasus Meikarta, Jaksa KPK Sanggah Eksepsi Billy Sindoro” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment