Kepala BNPB dari Sosok TNI, Sutopo: Keluarga Besar Siap Mendukung - Jelajah Nasional

Tuesday, January 1, 2019

Kepala BNPB dari Sosok TNI, Sutopo: Keluarga Besar Siap Mendukung

Jelajah Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengalami pergantian pimpinan. Pergantian itu dari Willem Rampangilei kepada Letjen Doni Monardo.

Menariknya dalam pergantian ini, BNPB kembali dipimpin oleh sosok yang berlatar belakang TNI. Diketahui Willem Rampangilei merupakan purnawirawan TNI AL dengan pangkat Laksamana Muda. Pangkat itu setara jenderal bintang dua.

Sementara penggantinya, Doni Monardo adalah tentara aktif yang kini berpangkat jenderal bintang tiga. Bahkan sebelum Willem, BNPB juga dipimpin oleh sosok berlatar berlakang TNI, yakni Syamsul Maarif (2008-2015). Dia pun pensiunan TNI AD dengan pangkat terakhir mayor jenderal (mayjen).

Kepala BNPB dari Sosok TNI, Sutopo: Keluarga Besar Siap MendukungDoni Monardo ketika jadi Pangdam Siliwangi. (Radar Cirebon/Jawa Pos Group)

Kepala Pusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, setelah pelantikan nantinya dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Hingga kini Sutopo mengaku belum mengetahui siapa calon pimpinannya yang baru itu. Menurutnya pengganti kepala BNPB itu adalah kewenangan presiden. Akan tetapi selama ini kriterianya adalah profesional dan dekat dengan presiden.

“Saya tidak tahu siapa pengganti Kepala BNPB saat ini, Pak Willem Rampangilei dengan pengganti yang baru. Semua itu kewenangan Presiden,” kata Sutopo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/1).

Kepala BNPB adalah jabatan setingkat menteri. Pemberhentian dan pengangkatannya merupakan kewenangan presiden. Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada presiden.

UU 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, BNPB sangat strategis karena memiliki fungsi koordinasi, komando, dan pelaksana dalam penanggulangan bencana. Baik pada tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pascabencana.

“Siapa pun yang menjadi kepala BNPB kami harus dukung. Keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung Kepala BNPB baru. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kepala BNPB yang lama,” tutur dia.

Diketahui, Willem Rampangilei baru saja dilantik sebagai kepala BNPB pada 2015 menggantikan Syamsul Ma’arif.

Begitu juga dengan Letjen Doni Monardo. Perwira tinggi TNI AD ini memiliki karir yang cemerlang di TNI AD. Beberapa jabatan strategis pernah diembannya. Seperti, komandan pasukan pengamanan presiden (danpaspampres) dan Komandan Jenderal Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI AD.

(yes/rdw/JPC)


Artikel yang berjudul “Kepala BNPB dari Sosok TNI, Sutopo: Keluarga Besar Siap Mendukung” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment