Korban First Travel Mengadu ke Kemenag, Menteri Lukman: Sabar - Jelajah Nasional

Monday, January 28, 2019

Korban First Travel Mengadu ke Kemenag, Menteri Lukman: Sabar

Jelajah Nasional – Kasus penipuan yang dialami jamaah umrah oleh biro perjalanan First Travel belum berkesudahan. Meski pemilik First Travel (FT) sudah dimejahijaukan, ternyata masih ada persoalan lain di balik itu.

Buktinya sejumlah korban FT mendatangi Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag di Jakarta Selatan, Senin (28/1) pagi. Mereka meminta pengkajian kembali atas Peraturan Menteri Agama (PMA) 589/2017 yang menjadi dasar pencabutan izin FT.

Melihat reaksi dari para korban, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta seluruh pihak serta korban untuk lebih bersabar. Dirinya belum bisa mengambil langkah apa pun selama proses hukum masih berlangsung.

Korban First Travel Mengadu ke Kemenag, Menteri Lukman: SabarMenteri Agama Lukman Hakim Saefuddin saat mencoba VR 360 D yang dapat melihat keberagaman umat dan rumah ibadah dalam peluncuran buku serial literasi agama untuk remaja, Senin (28/1). (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

“Saya selaku menteri agama mengajak semua pihak yang terlibat dalam persoalan ini untuk bersabar mengikuti proses hukum ini seperti apa,” ujarnya saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (28/1).

Menurutnya, Kemenag akan mematuhi putusan hakim pengadilan hingga kasus tersebut berkekuatan hukum tetap atau inkraht.

Sebelumnya Rieski Rahmadiansyah selaku pengacara korban FT mendesak Kemenag membuat kebijakan tegas atas yang dialami kliennya. “Kami minta Inspektorat bantu kami kalau PMA ini bermasalah. Kalau memang bermasalah (aset yang disita negara) bisa dikembalikan,” ujar Rieski Rahmadiansyah.

Adapun aksi protes tersebut lantaran para jamaah menilai PMA menyebabkan mereka tidak bisa berangkat ke tanah suci.

“Yang namanya produk menteri kan ada yang namanya bottom-up. Kekhawatiran kami, jangan-jangan yang mengusulkan ini juga punya (biro) umrah. Jadi murni persaingan bisnis,” tandasnya.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Yesika Dinta

Copy Editor : Fersita Felicia Facette


Artikel yang berjudul “Korban First Travel Mengadu ke Kemenag, Menteri Lukman: Sabar” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment