Ma’ruf Amin Klaim Pernah Usulkan Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir - Jelajah Nasional

Sunday, January 20, 2019

Ma’ruf Amin Klaim Pernah Usulkan Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir

Jelajah Nasional – Pembebasan terpidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir mendapat sorotan publik. Di balik pembebasan tersebut, Ma’ruf Amin mengklaim telah yang mengusulkan pembebasan terpidana terorisme tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi mengklaim, setahun lalu Ma’ruf Amin pernah mengusulkan untuk membebaskan Abu Bakar Ba’asyir.

Pernyataan Zainut Tauhid Sa’adi itu dibenarkan oleh Ma’ruf. Dia menuturkan, usulan pembebasan Ba’asyir pada waktu itu dengan pengajuan grasi. Namun, usulannya ditolak oleh pihak keluarga Ba’asyir. Kini pembebasan tetap terlaksana walaupun bukan karena grasi, tapi atas pertimbangan kemanusiaan.

Ma'ruf Amin Klaim Pernah Usulkan Bebaskan Abu Bakar Ba'asyirAbu Bakar Ba’asyir (Dery Ridwansah/Jelajah Nasional)

“Betul, memang saya pernah mengusulkan. Cuma pada waktu itu, secara teknis masih akan ditempuh grasi. Tapi keluarganya tidak mau meminta grasi sehingga sulit untuk dibebaskan. Tapi kemudian sekarang sudah ditemukan lagi alasannya, yaitu demi kemanusiaan,” ucap Ma’ruf usai melakukan silaturahmi dengan ulama se-Bandung Raya, di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1).

Lebih lanjut, ketua MUI itu mendukung Presiden Joko Widodo untuk membebaskan Ba’asyir atas dasar kemanusiaan. Mengingat usia Ba’syir yang sudah uzur.

“Ya saya bersyukur sekali itu. Karena memang saya bilang beliau sudah tua. Sudah uzur kan seharusnya memang bisa dibebaskan,” terangnya.

Di tempat sama, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily menampik pembebasaan Ba’asyir bagian dari pencitraan politik. Menurutnya, alasan kemanusiaan menjadi dasar keputusan itu dibuat.

“Kita kan tahu bahwa Abu Bakar Ba’asyir sudah sepuh, sudah tua, sudah sakit-sakitan, maka saya kira aspek kemanusiaan dikedepankan oleh Pak Jokowi dibandingkan dengan aspek politik. Saya tegaskan bahwa pilihan kebijakan untuk memebebaskan Abu Bakar Ba’asyir itu semata-mata aspek kemanusiaan tanpa meninggalkan aspek hukumnya,” jelas Ace.

“Apa yang dilakukan Pak Jokowi juga telah melakukan konsultasi dengan Kapolri, dengan Kemenkumham, Menkopolhukam, dan dengan para pakar terutama Pak Yusril. Sehingga menurut saya ini harus dipahami sebagai upaya untuk mengedepankan kemanusiaan,” pungkasnya.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Sabik Aji Taufan


Artikel yang berjudul “Ma’ruf Amin Klaim Pernah Usulkan Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment