Omong Kosong Perkuat KPK, Kalau Kasus Novel Tak Selesai - Jelajah Nasional

Tuesday, January 8, 2019

Omong Kosong Perkuat KPK, Kalau Kasus Novel Tak Selesai

Jelajah Nasional – Ketua DPP Partai Demokrat Benny K Harman menilai pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) telah gagal untuk mengungkap dalang penyiraman penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Menurutnya, mantan Wali Kota Solo itu tak punya komitmen untuk memberantas korupsi.

“Harus terbuka, kegagalan Pak Jokowi itu tidak mampu mengungkapkan siapa pelaku yang telah merusak fisik Novel Baswedan. Bagi kami, ini lah simbol komitmen pemerintah dalam agenda pemberantasan korupsi dan penguatan KPK,” kata Benny dalam acara diskusi ‘Koalisi Bicara’ di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Selasa (8/1).

Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menilai, penuntasan kasus Novel dapat menjadi salah satu wujud bahwa pemerintahan itu serius untuk melakukan penguatan KPK. Menurutnya, komitmen untuk penuntasan hal itu ada di Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Gedung KPKGedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/Jelajah Nasional)

“Yang dibutuhkan komitmen presiden yang akan datang untuk mengatasi problem yang berkaitan di sekitar kasus korupsi. Yakni, penguatan lembaga KPK. Omong kosong kalau kita ngomong memperkuat KPK, kalau kasus Novel Baswedan tidak terselesaikan,” tegasnya.

“Tentu setelah itu, mau tidak mau, kalau kita punya komitmen nanti bisa revisi UU tipikor. Komitmen itu penting. Untuk memberikan ruang yang lebih leluasa bagi KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi,” imbuhnya.

Kendati begitu, Benny menghargai upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi untuk melakukan penguatan terhadap pemberantasan korupsi. Namun, kata dia, berbagai upaya itu masih belum menemukan titik yang memuaskan.

“Kita yakin Prabowo-Sandi bisa menampilkan model atau warna yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pemerintahan saat ini. Pak Prabowo tidak akan melakukan hal biasa saja,” pungkasnya.

Editor      : Kuswandi
Reporter : Igman Ibrahim


Artikel yang berjudul “Omong Kosong Perkuat KPK, Kalau Kasus Novel Tak Selesai” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment