Pengakuan Tjahjo setelah Diperiksa KPK dalam Kasus Proyek Meikarta - Jelajah Nasional

Thursday, January 24, 2019

Pengakuan Tjahjo setelah Diperiksa KPK dalam Kasus Proyek Meikarta

Jelajah Nasional – Pemeriksaan terhadap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo baru saja selesai dilakukan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan mantan sekjen PDIP itu sebagai saksi terkait kasus suap izin izin proyek Meikarta.

Dalam keterangannya, Tjahjo mengaku ditanya oleh penyidik soal pertemuan dirinya dengan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin. Konfirmasi itu menindaklanjuti pengakuan Neneng yang menyatakan dirinya ikut memuluskan izin proyek Meikarta.

Keterangan Neneng itu diungkapkan saat dia menjadi saksi pada sidang dengan terdakwa Billy Sindoro, mantan bos Lippo Group. “Saya sebagai Mendagri ditanya terkait kesaksian Ibu Neneng. Intinya apa yang saya ketahui, apa yang saya dengar, atau apa yang saya bicarakan dengan bupati,” kata Tjahjo usai diperiksa penyidik KPK, Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (25/1).

Pengakuan Tjahjo setelah Diperiksa KPK dalam Kasus Proyek MeikartaProyek Meikarta yang bermasalah di KPK (Imam Husein/Jawa Pos)

Menurut Tjahjo, pertemuannya dengan Neneng menginformasikan bahwa rapat pembahasan tekait izin telah selesai. Izin proyek Meikarta dapat dikeluarkan oleh Neneng atas intsruksi Gubernur Jawa Barat.

“Perizinan itu yang mengeluarkan adalah bupati atas rekomendasi gubernur, maka Bu Nenen bicara dengan saya. Ya sudah kalau sudah beres semua segera bisa diproses baik sesuai aturan,” ucapnya.

Politikus PDIP itu juga mengaku memang tugasnya memberikan arahan kepada Neneng sebagai Mendagri. “Ya itu tugas saya sebagai Mendagri,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada sidang sebelumnya di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (14/1) lalu, Neneng di hadapan majelis hakim menyebut bahwa Menteri Tjahjo meminta bantuannya agar menolong proses perizinan proyek Meikarta. Atas keterangan itu diduga ada keterlibatan Tjahjo dalam kasus izin suap Meikarta.

Pernyataan Neneng itu ketika dia menjadi saksi terdakwa Billy Sindoro di pengadilan Tipikor Bandung.

Dalam kasus dugaan suap izin Meikarta ini KPK menetapkan sembilan orang tersangka. Yakninya Billy Sindoro, Taryudi, Fitra Djaja Purnama, Henry Jasmen, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin, dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahor.

Selanjutnya, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati, Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Terdapat empat orang yang saat ini menjadi terdakwa dan sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung. Yakninya, Billy Sindoro, Taryudi, Fitradjaja Purnama, dan Henry Jasmen Sitohang.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Muhammad Ridwan


Artikel yang berjudul “Pengakuan Tjahjo setelah Diperiksa KPK dalam Kasus Proyek Meikarta” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment