Presiden Akan Lantik Mantan Danjen Kopassus Jadi Kepala BNPB - Jelajah Nasional

Tuesday, January 1, 2019

Presiden Akan Lantik Mantan Danjen Kopassus Jadi Kepala BNPB

Jelajah Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan untuk jabatan strategis pada lembaga. Rencananya, Kamis (2/1) mantan wali kota Solo itu akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru.

Selama ini BNPB dikepalai oleh Willem Rampangiel. Berdasar informasi yang didapatkan, purnawirawan jenderal bintang dua TNI AL itu akan digantikan oleh mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Letjen Doni Monardo.

Kepastian rencana pergantian kepala BNPB itu setelah beredarnya undangan pelantikan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (2/1). “Benar (Doni Monardo dilantik menjadi Kepala BNPB),” ujar Johan Budi saat dikonfirmasi, Selasa (1/1).

Presiden Akan Lantik Mantan Danjen Kopassus Jadi Kepala BNPBUndangan pelantikan kepala BNPB (Repro dari BNPB)

Mantan jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menyebut, pelantikan tersebut direncanakan berlangsung pada pukul 09.00 WIB oleh Presiden Jokowi. “Besok jam 09.00 WIB di istana,‎” katanya.

Diketahui, saat ini Doni Monardo masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Jabatan ini dia tempati sejak pertengahan Maret 2018.

Sebelum menyandang jenderal bintang tiga, Akademi Militer (Akmil) 1985 itu telah pernah menempati sejumlah pos strategis. Di antaranya Komandan Grup A Paspampres (2008), Danrem 061/Surya Kencana (2010) dan Wadanjen Kopassus (2011).

Namanya semakin berkibar ketika ditugaskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Wakil Komando Satuan Tugas untuk membebaskan kapal MV Sinar Kudus yang dibajak perompak Somalia. Bintangnya bertambah terang saat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpasrpampres) pada 2012.

Karir moncer Doni lainnya ketika dia memegang tongkat komando Danjen Kopassus pada 2014. Di tahun berikutnya Doni digeser menjadi Pangdam XVI/Pattimura. Kemudian pada 2017 jenderal tinggi besar kelahiran Cimahi 10 Mei 1963 itu dipercaya menjadi Pangdam III/Siliwangi.

(gwn/JPC)


Artikel yang berjudul “Presiden Akan Lantik Mantan Danjen Kopassus Jadi Kepala BNPB” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment