Produksi 255 Juta Surat Suara untuk 10 Provinsi - Jelajah Nasional

Monday, January 21, 2019

Produksi 255 Juta Surat Suara untuk 10 Provinsi

Jelajah Nasional – Konsorsium PT Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group) mulai mencetak surat suara untuk pemilu serentak 17 April mendatang. Kemarin (20/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) meninjau proses produksi perdana ke tempat percetakan di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

Ada sebelas perusahaan yang tergabung dalam konsorsium PT Temprina Media Grafika. Jumlah surat suara yang diproduksi mencapai 255 juta lembar. Itu sekitar 27,1 persen dari kebutuhan surat suara nasional. Surat suara tersebut akan didistribusikan untuk sepuluh provinsi.

Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan, kebutuhan surat suara nasional mencapai 939.879.651 lembar. Ada enam konsorsium yang mengerjakannya. Semuanya ditarget selesai pada 11 Maret. “Hari ini (kemarin, Red) produksi perdana,” ujarnya setelah meninjau proses produksi surat suara pilpres dan pileg di PT Temprina.

Produksi 255 Juta Surat Suara untuk 10 ProvinsiProses percetakan surat suara Pilpres dan Pemilu 2019 mulai berlangsung. (Issak Ramdhani/Jelajah Nasional)

KPU, ungkap Arief, sejatinya memberikan waktu 70 hari untuk menyelesaikan proses produksi. Namun, pihak konsorsium perusahaan diminta menyelesaikannya lebih awal. Produksi surat suara harus selesai dalam waktu 60 hari. Sebab, seluruh surat suara harus sampai di kabupaten/kota paling lambat 16 Maret. KPU kabupaten/kota akan melakukan sortir lebih dulu. Berikutnya, semua surat suara dimasukkan ke kotak suara dan disegel.

Arief memastikan bahwa kualitas surat suara yang dicetak di PT Temprina sudah sesuai. Hasilnya memuaskan. Namun, KPU mengingatkan terkait jumlah dan proses distribusi. Tidak boleh sampai ada surat suara yang salah kirim. Misalnya, surat suara untuk daerah pemilihan 1 dikirim ke dapil 4.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Temprina Media Grafika Kristianto Indrawan menyatakan, perusahaan yang tergabung dalam konsorsium juga memproduksi formulir pemilu. Jumlahnya mencapai 346 juta lembar.

Khusus untuk surat suara, distribusi akan dilakukan secara berangsur. Dimulai dari provinsi terjauh. Dengan begitu, proses pengiriman surat suara bisa sampai ke kabupaten/kota tepat waktu.

Kristianto optimistis seluruh logistik pemilu, khususnya surat suara, bisa selesai sesuai target KPU. Sebab, PT Temprina Media Grafika bukan kali pertama terlibat dalam proses produksi surat suara. “Semoga amanah ini bisa kami laksanakan dengan baik,” ujarnya. 

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : (adi/c9/oni)


Artikel yang berjudul “Produksi 255 Juta Surat Suara untuk 10 Provinsi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment