30 Napi Terima Remisi Imlek, Pengeluaran Negara Berkurang Rp 12 Juta - Jelajah Nasional

Tuesday, February 5, 2019

30 Napi Terima Remisi Imlek, Pengeluaran Negara Berkurang Rp 12 Juta

Jelajah Nasional – Narapidana (napi) beragama Konghucu yang mendapat remisi khusus (RK) tahun ini meningkat dari 17 orang menjadi 30 orang. Para napi itu tersebar di sejumlah daerah. Mulai Bangka Belitung, Riau, Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi Selatan.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sri Puguh Budi Utami memerinci remisi tersebut. Yaitu, ada 8 orang yang mendapat remisi atau pengurangan masa pemidanaan 15 hari. Kemudian, 18 orang mendapat remisi 1 bulan serta 4 orang diganjar remisi 1 bulan 15 hari.

“Perayaan hari keagamaan menjadi momentum untuk merefleksikan diri dan lebih mendekatkan kepada Tuhan,” ucap Utami kemarin (5/2). Remisi itu diberikan sejalan dengan perayaan Imlek yang jatuh kemarin (5/2). Saat ini ada 65 napi beragama Konghucu yang merayakan Imlek.

30 Napi Terima Remisi Imlek, Pengeluaran Negara Berkurang Rp 12 JutaIlustrasi Imlek. Para Imlek 2019 sebanyak 30 napi beragama Konghucu menerima remisi. (Dery Ridwansah/Jelajah Nasional)

“Imlek ini diharapkan tidak hanya dianggap sebagai pengurangan masa pidana semata, tetapi agar WBP (warga binaan pemasyarakatan, Red) menjadi pribadi yang lebih baik, religius, dan meningkatkan rasa toleransi antarumat beragama,” ujar perempuan yang menjabat Dirjenpas tahun lalu menggantikan I Wayan Dusak itu.

Meski belakangan ramai mendapat kritik soal remisi dan hak-hak napi lain, Utami menyebut pemberian remisi kemarin secara umum mampu mengurangi pengeluaran negara sebesar Rp 12,348 juta.

Penghematan itu dihitung dari biaya makan per hari sebesar Rp 14.700 per orang dikalikan dengan sisa masa pidana para napi beragama Konghucu yang mendapat remisi. 

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : (tyo/c17/oni)


Artikel yang berjudul “30 Napi Terima Remisi Imlek, Pengeluaran Negara Berkurang Rp 12 Juta” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment