Perkuat Armada 3, Kemenhan Serahkan KRI Teluk Lada ke TNI AL - Jelajah Nasional

Tuesday, February 26, 2019

Perkuat Armada 3, Kemenhan Serahkan KRI Teluk Lada ke TNI AL

Jelajah Nasional – Setelah KRI Teluk Bintuni 520, TNI AL kembali mendapat kapal baru, yakni KRI Teluk lada 521. Kapal yang dipesan oleh Kemenhan tersebut, Selasa (26/2) lalu telah diserahterimakan ke Mabes TNI sampai TNI AL. Kapal buatan industri pertahanan dalam negeri, PT Daya Radar Utama (PT DRU) itu bakal memperkuat Komando Armada III yang bermarkas di Sorong, Papua Barat.

Sebagai komando utama baru, tambahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut jelas penting bagi Komando Armada III. Menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, penyerahan KRI Teluk Lada 521 kepada TNI AL merupakan bagian integral dari upaya pemenuhan alutsista untuk institusi militer tanah air. ”KRI Teluk Lada merupakan alutsista modern berteknologi canggih,” jelasnya.

Karena itu, Ryamizard optimistis kehadiran kapal perang jenis landing ship tank atau LST itu bakal memperkuat postur pertahanan negara. Khususnya dalam mengantisipasi berbagai dinamika yang juga berpotensi mengganggu stabilitas keamanan negara.

Ryamizard RyacuduMenteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di atas KRI Teluk Lada, Selasa (26/2) (Kemhan for Jawa Pos)

”Kehadirannya juga dapat memperkuat kekuatan jajaran TNI AL yang memiliki tanggung jawab besar menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI,” ungkap mantan KSAD tersebut.

KRI Teluk Lada 521 merupakan kapal angkut tank kedua yang dipesan Kemhan dari PT DRU. Perjanjian kontrak jual beli alutsista tersebut sudah terbit sejak 23 Desember 2015 dengan nomor TRAK/882/PDN/XII/AL. Lewat serah terima kemarin, PT DRU sekaligus menuntaskan semua pesanan dari Kemhan. Sebelumnya mereka sudah memproduksi dan menyerahkan KRI Teluk Bintuni 520. 

Penamaan KRI Teluk Lada 521 diambil dari salah satu teluk yang berada di wilayah Indonesia. Tepatnya teluk yang menghadap arah Gunung Krakatau di Provinsi Banten. Kapal tersebut punya badan yang cukup lebar dan panjang. Yakni panjang 117 meter dengan lebar 16,4 meter. Dalam kecepatan penuh, kapal tersebut bisa melaju sampai 16 knot. Sedang kecepatan jelajahnya mencapai 13 knot.

Dengan badan yang cukup besar, kapal perang tersebut bisa mengangkut 487 prajurit TNI. Sesuai jenis dan peruntukannya, kapal itu juga bisa memuat 15 tank BMP 3F dan satu unit helikopter. Untuk mengawaki kapal perang andal itu, TNI AL menunjuk Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk sebagai komandan pertama kapal itu. Harapannya, perwira menengah TNI AL dengan dua kembang di pundak tersebut mampu memaksimalkan peran alutsista tersebut.

Lebih lanjut, Ryamizard menyampaikan bahwa serah terima KRI Teluk Lada 521 sekaligus menegaskan komitmen pemerintah terhadap kebijakan strategi pertahanan yang sudah mereka tetapkan. Yakni meningkatkan kerja sama dengan idustri perhatanan dalam negeri. Baik yang berstatus pelat merah maupun swasta.

”Melalui kerja sama yang strategis itu, ke depan Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan alutsistanya,” pungkasnya.

 

Editor           : Kuswandi

Reporter      : Sahrul Yunizar


Artikel yang berjudul “Perkuat Armada 3, Kemenhan Serahkan KRI Teluk Lada ke TNI AL” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment