Safari Politik ke Sumbar, Ma’ruf Berupaya Ambil Simpati Rang Minang - Jelajah Nasional

Wednesday, February 6, 2019

Safari Politik ke Sumbar, Ma’ruf Berupaya Ambil Simpati Rang Minang

Jelajah Nasional – Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin berupaya menaklukkan daerah-daerah yang dianggap berat untuk mendapatkan pundi-pundi suara pada Pilpres 2019. Kali ini mengambil destinasi Sumatera Barat (Sumbar) dengan mengutus sang cawapres, Ma’ruf Amin.

Rencananya, Ma’ruf Amin akan melakukan safari politik ke Sumbar pada Kamis (7/2) hingga Jumat (8/2). Mantan Rois Aam PBNU tersebut akan menyapa langsung masyarakat di Ranah Minang.

Ma’ruf mengakui Sumatera Barat merupakan salah satu daerah terberat untuk mengumpulkan pundi-pundi dukungan. Jika berkaca pada Pilpres 2014, Jokowi kalah telak di wilayah tersebut.

Safari Politik ke Sumbar, Ma'ruf Berupaya Ambil Simpati Rang Minang

Makanya, Sumatera Barat sebagai salah satu daerah basis Islam kuat, memerlukan strategi khusus bagi kubu Jokowi-Ma’ruf Amin untuk menarik simpati rang Minang itu.

Dalam kunjungan ini Ma’ruf tidak ditantang untk tes baca Alquran. Padahal baginya tes itu mampu menunjukkan kemampuan calon pemimpin dari aspek keagamaan.

“Sayang tidak ada tes baca Alquran. Saya senang sekali kalau ada tes baca Alquran, supaya orang Padang tahu gitu loh yang bisa baca Alquran yang mana yang tidak bisa baca Quran yang mana,” kata Ma’ruf dalam acara Silaturahmi bersama masyarakat Minang pemilih Jokowi Ma’ruf Amin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

Menurut ketum MUI nonaktif itu, aspek keagamaan penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Indikatornya dapat dilihat dari kemampuan membaca alquran. “Kalau mau jadi imam harus jadi yang paling pintar. Harus yang paling bagus bacaan Alqurannya. Kalau yang enggak bagus ya jangan dipilih,” jelasnya.

Untuk mendapatkan suara dari Rang Awak, Ma’ruf pun bakal membawa strategi baru. Yakni, menawarkan gerakan baca Alquran bagi masyarakat Sumbar. Dia tidak ingin ada masyarakat di sana ada yang buta huruf Alquran.

“Kan orang Sumbar itu suka Alquran. Nanti supaya nanti tidak ada yang tidak paham Alquran. Saya janjikan nanti di Sumatera Barat, kalau saya terpilih tidak ada lagi buta huruf Alquran di seluruh Sumbar,” terangnya.

Setelah mendapat dukungan dari orang Minang di Jakarta, dia berharap dukungan serupa didapatkan di Sumbar sendiri. “Hari ini sudah dimulai (dukungan orang Minang, Red) ini resonansinya akan sampai ke Sumatera Barat. Orang-orang Padang di Jakarta aja dukung 01, masa yang Sumbar tidak?,” pungkasnya.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Sabik Aji Taufan


Artikel yang berjudul “Safari Politik ke Sumbar, Ma’ruf Berupaya Ambil Simpati Rang Minang” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment