31 Persen Pemilih Demokrat Dukung Jokowi, AHY Bilang Begini - Jelajah Nasional

Friday, March 22, 2019

31 Persen Pemilih Demokrat Dukung Jokowi, AHY Bilang Begini

Jelajah Nasional – Arah suara kader dan pendukung parpol menjelang hari pencoblosan terus berubah. Pemilih Partai Demokrat pun beralih ke pasangan calon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Jumlahnya mencapai 31,5 persen.

Menyikapi hal itu, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memandang sebagai situasi yang wajar. Menurutnya memang akan sulit untuk membuat seluruh konstituen partai berada pada satu pilihan.

“Saya pikir justru adalah suatu kewajaran. Kita tak pernah bisa mengatakan satu komando tegak lurus yang diharapkan bisa seluruh konstituen Partai Demokrat itu berada dalam satu pilihan yang sama,” ujar AHY di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (22/3).

31 Persen Pemilih Demokrat Dukung Jokowi, AHY Bilang BeginiKomandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Dery Ridwansah/Jelajah Nasional)

Jumlah suara pemilih Partai Demokrat yang beralih ke Jokowi sebesar 31,5 persen itu berdasar hasil survei Litbang Kompas. Survei itu dilakukan pada 22 Februari-5 Maret 2019.

AHY menyebut Partai Demokrat memiliki konstituen yang beragam. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat. Kondisi seperti itu diyakininya juga terjadi di partai lain.

Di mencontohkan kekuatan Partai Demokrat di belahan nusantara. Di Aceh yang Islami pemimpinnya dari Partai Demokrat. Di Papua gubernurnya Lukas Enembe juga berasal dari Partai Demokrat.

“Artinya menunjukkan bahwa memang karakteristik konstituen Partai Demokrat itu sangat beragam. Jadi saya tak pernah menyalahkan dalam arti yang berlebih-lebihan,” imbuhnya.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menegaskan, secara garis partai, Demokrat tetap mengusung pasangan 02. Dia meminta seluruh kadernya untuk taat pada keputusan tersebut.

“Secara tegas kami meyakinkan, Partai Demokrat itu dalam koalisi yang mengusung capres dan cawapres Prabowo-Sandi. Nah kalau ada di survei kemudian muncul, saya yakin tidak hanya terjadi di Partai Demokrat, di partai mana pun juga sama,” tandas purnawirawan TNI AD itu.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Sabik Aji Taufan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette


Artikel yang berjudul “31 Persen Pemilih Demokrat Dukung Jokowi, AHY Bilang Begini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment