Boeing 737 MAX-8 Hanya Dilarang Terbang Seminggu, Ini Kata Menko Luhut - Jelajah Nasional

Tuesday, March 12, 2019

Boeing 737 MAX-8 Hanya Dilarang Terbang Seminggu, Ini Kata Menko Luhut

Jelajah Nasional – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jika pelarangan terbang untuk pesawat Boeing 737 Max 8 hanya diberlakukan selama seminggu. Saat ini, tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan ramp check terhadap pesawat asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pihaknya bakal melakukan pertemuan dengan maskapai dan institusi terkait. Saat ini, belum ada pembahasan lebih lanjut terkait masalah ini.

“Sementara sudah kami grounded  dulu dan besok kita bicara dengan institusi terkait, dengan pak Budi (Menhub-red) kami sudah bicara,” ujarnya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (12/3).

Boeing 737 MAX-8 Hanya Dilarang Terbang Seminggu, Ini Kata Menko LuhutIlustrasi pesawat Boeing MAX-8 yang dioperasikan maskapai Lion Air (DOK.JAWAPOS.COM)

Mantan Kepala Staf Presiden (KSP) ini menyebut masih ada potensi pelarangan itu diperpanjang. Sebab, pemerintah masih akan melihat laporan dari kondisi Boeing 737 Max 8.

“Ya nanti kita lihat, kan ada 11 pesawat yang akan dilakukan inspeksi. Kita lihat nanti. Kalau ternyata negara lain menemukan sesuatu saya kira kita nggak mau ambil risiko pesawat kita crash lagi gara-gara masalah design atau apa,” imbuhnya.

Selain itu, Luhut menyebut jika pihaknya bakal berkomunikasi dengan Boeing dan Federal Aviation Administration (FAA) atau Federasi Penerbangan Nasional AS. “Kita juga akan komunikasi dengan Boeing juga dengan FAA,” tandasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin

Reporter      : Hana Adi


Artikel yang berjudul “Boeing 737 MAX-8 Hanya Dilarang Terbang Seminggu, Ini Kata Menko Luhut” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment