Gempita Spirit Ketekunan, Kegigihan dan Multikulturalisme dari Tanah Formosa Taiwan - Jelajah Nasional

Wednesday, March 6, 2019

Gempita Spirit Ketekunan, Kegigihan dan Multikulturalisme dari Tanah Formosa Taiwan

Jelajah Nasional. Kebudayaan tradisional Tiongkok adalah kebudayaan warisan dewata terkandung nilai-nilai tradisi Tionghoa yang luhur. Spirit Ketekunan, Kegigihan dan Multikulturalisme menjadi pembuka serta disempurnakan dengan ketaatan kepada Sang Pencipta.

Hal demikian adalah bagian dari pertunjukan rombongan delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi Taiwan. Kali ini pertunjukan seni akrobatik dan tradisional Taiwan ini dibawakan dari The Taiwan Acrobatic Troupe of National Taiwan College of Performing Arts, yang telah didirikan sejak 1990 silam.

Acara di Jakarta yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Taiwan di Jakarta (Jakarta Taiwan Entrepreneur Association) dan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI Jakarta) yang digelar, Selasa (5/3/2019) di kawasan Jakarta Pusat. 

Pertunjukan dari The Taiwan Acrobatic Troupe of National Taiwan College of Performing Arts di Jakarta 5 Maret 2019

Pertunjukan ini mengangat tema “Keceriaan dan Penuh Kasih, Cinta Taiwan.” Atraksi aktorbatik dan senin ini terinspirasi dari beragam budaya Taiwan yang menyoroti kemegahan dan keindahan Taiwan dengan memadukan akrobat tradisional, tarian, seni rakyat, dan drama.

BACA JUGA : Niatan Buruk Kacaukan Sebutan Tahun Baru Imlek

Hadirin diaspora Tionghoa Taiwan yang hadir menyaksikan dengan seksama pertunjukan yang berlangsung dengan duriasi 80 menit dengan dua bagian.

Bagian pertama termasuk pertunjukan seperti “Crossing the Ocean”,”Spring Romance”, “Farming Fun” dan “Warrior Spirit” untuk ditampilkan keragaman dan vitalitas budaya Taiwan melalui jelas pertunjukan unik yang menampilkan semangat leluhur Taiwan ketekunan, kegigihan dan multikulturalisme dari berbagai etnis kelompok di Taiwan.

Pertunjukan dari The Taiwan Acrobatic Troupe of National Taiwan College of Performing Arts di Jakarta 5 Maret 2019

Bagian kedua menampilkan pertunjukan seperti “Sky Lantern Blessings”, “Temple Fair”, “Perayaan Tahun Baru”dan “God Bless Taiwan” yang mana Perayaan Tahun Baru Imlek di Taiwan dengan  ritual di kuil Taiwan dan menyatukan kembali keluarga yang berdoa kepada Sang Pencipta untuk perdamaian dan kemakmuran.

Pertunjukan dari The Taiwan Acrobatic Troupe of National Taiwan College of Performing Arts di Jakarta 5 Maret 2019

Wakil Ketua Komite Urusan Komunitas Warga Diaspora Tionghoa OCAC-Taiwan  Kao, Chien-Chih mengatakan pertunjukan ini adalah kebudayaan taradisional Tiongkok termasuk budaya-budaya lokal yang mana termasuk budaya kearifan dari suku-suku minoritas dari Taiwan seperti suku Hakka.

BACA JUGA : Merayakan Tahun Baru Imlek 2019 : Tahun Babi

Menurut dia, pertunjukan ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengetahui dan mengenal lebih jauh kebudayaan Taiwan. Tentunya, diharapkan adanya kerjasama denga Indonesia yang memiliki kekayaan kebudayaan.

BACA JUGA : Dewa-Dewa Tahun Baru Imlek

“Kami harapkan dari pertunjukan ini, kita bisa menjalin kerja sama yang lebih erat lagi terutama dengan tanah Indonesia yang sangat kaya dengan kebudayaan tentunya,” katanya.

Senada dengan Kao Chien-Chih, Kepala TETO Indonesia John Chen menuturkan pertunjukan sangat sepesial dengan menampilkan kebudayaan tradisi Tiongkok yang sangat mendalam. Jhon menuturkan pertunjukan ini digelar dengan tujuan memperat hubungan Indonesia-Taiwan.

Delegasi The Taiwan Acrobatic Troupe of National Taiwan College of Performing Arts di Jakarta 5 Maret 2019

“Pertunjukan Ini nilai seni yang sangat dalam dari budaya Tionghoa, budaya khas termasuk skill tinggi,  kami ingin mengadakan pertukaran budaya Indonesia dan budaya Taiwan supaya kita saling kenal, dan memperat hubungan dengan Taiwan,” ujarnya.

Saat ini, rombongan Delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi Taiwan telah tampil dengan lancar di 6 negara yakni Jepang, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia.

Rombongan sedang melakukan tiga pertunjukan di Indonesia. Selain di Jakarta, mereka telah menyelesaikan pertunjukan di Medan pada Minggu (3/3/2019) dan kembali tampil di kota Bandung pada Kamis (7/3/2019). (asr)

 


Artikel yang berjudul “Gempita Spirit Ketekunan, Kegigihan dan Multikulturalisme dari Tanah Formosa Taiwan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment