Gunung Bromo Meletus 5 Kali, Status Masih Waspada - Jelajah Nasional

Tuesday, March 19, 2019

Gunung Bromo Meletus 5 Kali, Status Masih Waspada

Jelajah Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan aktivitas erupsi empat gunung api yang terjadi bersamaan sejak Minggu (17/3). Di antaranya adalah Gunung Bromo, Gunung Agung, Merapi, dan Anak Krakatau.

Gunung Bromo tercatat meletus sebanyak lima kali sejak pagi hari dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 1.500 meter di atas puncak kawah. Kemudian, ada satu kali gempa tektonik jauh.

“Tingkat aktivitas vulkanik Gunung Bromo masih pada Level II Waspada. Radius 1 kilometer dari kawah aktif,” ujar Kapusdatinmas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Selasa (19/3).

Gunung Bromo Meletus 5 Kali, Status Masih WaspadaGunung Agung Bali dengan aktivitasnya (RAKA DENNY/JAWAPOS)

Sementara itu, Gunung Agung di Bali juga mengalami letusan sebanyak dua kali pada pada Minggu (17/3). Tinggi kolom abu teramati mencapai 500-600 meter di atas puncak serta berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur.

“Tanggal 18 Maret tercatat lima kali gempa tektonik jauh. Status masih Level III Siaga, radius berbahaya 4 kilometer dari kawah,” katanya.

Sedangkan, Gunung Merapi terpantau mengalami 26 kali gempa guguran pada Sabtu (18/3). Ada satu kali gempa hembusan, satu kali gempa hybrid/fase banyak, satu kali gempa vulkanik dangkal, dan dua kali tektonik lokal.

“Pertumbuhan kubah lava tergolong lambat, status Level II Waspada. Pendakian tidak direkomendasikan. Radius 3 kilometer dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk,” tegas Sutopo.

Selain itu, Gunung Anak Krakatau juga terdeteksi mengalami erupsi dengan ketinggian 500 meter di atas puncak kawah tanpa disertai dentuman. Statusnya kini masih di Level III Siaga dengan radius berbahaya 5 kilometer.

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : Yesika Dinta


Artikel yang berjudul “Gunung Bromo Meletus 5 Kali, Status Masih Waspada” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment