Hasil Tes Urine Andi Arief Negatif Narkoba, Ini Penjelasan BNN - Jelajah Nasional

Friday, March 8, 2019

Hasil Tes Urine Andi Arief Negatif Narkoba, Ini Penjelasan BNN

Jelajah Nasional – Politikus Partai Demokrat Andi Arief dikabarkan menjalani tes laboratorium di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta. Hal itu diketahui melalui surat medis yang beredar di aplikasi pesan singkat.

Saat ditanyai mengenai hal ini, Kepala Biro Penerangan Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa benar Andi menjalani rehabilitasi di rumah sakit tersebut. “Ya betul,” ujarnya kepada Jelajah Nasional, Jumat (8/3).

Sementara itu, ada satu hal yang menjadi sorotan di surat hasil laboratorium Andi. Bahwa, hasil pengecekan urine tidak terkandung atau negatif zat adiktif. Mulai dari zat benzodiazepin, cannabis, opiate, amphetamine, hingga MDMA.

Hasil Tes Urine Andi Arief Negatif Narkoba, Ini Penjelasan BNNPolitisi Demokrat Andi Arief (Istimewa)

Mengenai hal ini, Dedi mengatakan bukan ranahnya untuk menjelaskan. Namun dari informasi yang didapat, saat ditangkap dan cek laboratotium, hasilnya positif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

“Info yang saya dapat, untuk cek air seni setelah pemakaian dapat bertahan 2 hari masih terditeksi, sedangkan untuk rambut bisa bertahan sampai lima hari,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistyo Pudjo menegaskan, hasil assessment awal bisa dipastkan Andi mengonsumsi narkoba. Didapatkan fakta pula dari analisis pengamatan fisik Andi sudah lama memakai barang haram tersebut.

Soal hasil pemeriksaan di RSKO negatif, Pudjo mengingatkan bahwa ketika seseorang habis memakai narkoba, ada masa tidak terbaca baik diambil melalui darah, air seni, maupun rambut.

“Kalau darah itu bisa sehari dua hari bisa nggak kebaca. Kalau air seni itu tiga hari, kalau rambut itu bisa lewat dari lima hari. Itu tadi yang kami dapatkan,” tuturnya.

Soal apa saja yang diperiksa tadi, Pudjo menyarankan untuk bertanya kepada pihak RSKO. Akan tetapi, walaupun hasilnya negatif, Andi katanya tetap harus menjalani rehabilitasi.

“Karena ini bukan tidak terbacanya pengecekan darah, seni, atau rambut tapi masalah ketergantungan. Kalau nanti nggak kebaca, saat kebutuhan obat, minta itu pasti sakit. Jadi kita serahkan ke RSKO melanjutkan rawat medisnya,” tukas Pudjo.

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Desyinta Nuraini


Artikel yang berjudul “Hasil Tes Urine Andi Arief Negatif Narkoba, Ini Penjelasan BNN” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment