Ini Alasan Polisi Tak Menahan Robertus Robet - Jelajah Nasional

Thursday, March 7, 2019

Ini Alasan Polisi Tak Menahan Robertus Robet

Jelajah Nasional – Aktivis Robertus Robet rampung menjalani pemeriksaan usai diamankan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kamis (7/3) dini hari. Kendati sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun rekanan Aktivis Rocky Gerung itu diperbolehkan pulang.

“Hari ini untuk saudara R setelah dilakukan pemeriksaan kemudian proses administrasi, penandatanganan beberapa berita acara selesai, saudara R dipulangkan oleh penyidik,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Bareskrim, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kamis (7/3).

Dedi membantah, pemulangan Robertus karena desakan sejumlah aliansi masyarakat. Namun lebih kepada fakta yuridis sesuai ancaman hukuman yang diberikan kepada Robertus.

Ini Alasan Polisi Tak Menahan Robertus RobetAktivis Robertus Robet (Desyinta Nuraini/ Jelajah Nasional)

Adapun dia diduga melanggar Pasal 45 A ayat (2) Jo 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 207 KUHP terkait tindak pidana menyebarkan informasi yang ditunjukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dana tau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), dan/atau Berita bohong (hoax), dan/atau penghinaan terhadap penguasa atau badan umum yang ada di Indonesia.

Dia menerangkan, sesuai Pasal 207 KUHP, Robertus hanya diancam hanya kuman satu tahun enam bulan penjara. Sementara sesuai dengan Pasal 20 KUHAP, untuk penahanan, persyaratan ancaman hukumannya minimal lima tahun.

“Untuk Pasal 207, tidak termasuk di dalam Pasal 20 KUHAP. oleh karenanya yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan,” jelas Dedi.

Lebih lanjut, diperbolehkannya Robertus kembali ke rumah tidak berarti dia bebas begitu saja. Dia harus menjalani proses penyidikan.

“Apabila nanti memang masih dibutuhkan keterangan saudara R, tentunya nanti akan dipanggil ulang kembali, tentunya dalam rangka untuk menyelesaikan berkas perkara,” pungkas Dedi.

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Desyinta Nuraini


Artikel yang berjudul “Ini Alasan Polisi Tak Menahan Robertus Robet” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment