Jokowi-Ma’ruf Unggul 20% pada Hasil Survey LSI - Jelajah Nasional

Wednesday, March 6, 2019

Jokowi-Ma’ruf Unggul 20% pada Hasil Survey LSI

Jokowi-Ma'ruf Unggul 20% pada Hasil Survey LSI

Hasil sigi teranyar Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas pasangan Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf memperoleh suara sebesar 58,7 persen.

“Angka ini jauh meninggalkan pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno sebanyak 30,9 persen,” ujar peneliti senior LSI Ardian Sopa di kantornya pada Selasa, 5 Maret 2019.

Sementara itu, ujar dia, pemilih yang menyatakan belum memutuskan pilihan sebanyak 9,9 persen. Survei LSI Februari 2019 ini, menggunakan simulasi kertas suara untuk pertanyaan pilihan capres/cawapres. Dalam prosesnya ada 0,5 persen yang menjadi suara tidak sah karena salah mencoblos maupun sebab lainnya.

Keunggulan yang diperoleh Jokowi – Amin atas Prabowo – Sandi, bukan hanya di bulan Februari 2019 saja, tetapi dari enam bulan yang lalu sejak penetapan paslon pada Agustus 2018. “Dilihat dari dinamika elektabilitas selama 6 bulan ini, Jokowi – Amin stabil unggul diatas 20 persen terhadap Prabowo – Sandi,” ujar Ardian.

Survei ini dilakukan pada tanggal 18 – 25 Februari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth
interview untuk memperkaya analisa survei

Sebelumnya lembaga riset pasar asal Australia, Roy Morgan juga mengeluarkan hasil riset tentang elektabilitas Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo – Sandi. Dalam survei itu, Roy Morgan mencatat elektabilitas Jokowi per Januari sebesar 58 persen. Sementara elektabilitas penantangnya, Prabowo Subianto 42 persen.

Dengan demikian pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin semakin terlihat mantap melaju ke Pilpres 2019 yang berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei yang mengunggulkan mereka di atas pesaingnya yaitu pasangan Prabowo-Sandiaga, bahkan sejak 6 bulan kebelakang ini.

No comments:

Post a Comment