Pemerintah Ingin Ada Lembaga Khusus Urus Buat Transportasi Jabodetabek - Jelajah Nasional

Wednesday, March 20, 2019

Pemerintah Ingin Ada Lembaga Khusus Urus Buat Transportasi Jabodetabek

Jelajah Nasional – Untuk mengurai kemacetan di wilayah Jabodetabek, pemerintah telah mengupayakannya melalui pembangunan infrastruktur transportasi publik. Teranyar, adalah Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang akan segera beroperasi komersil pada Minggu (24/3) mendatang.

Namun, lebih jauh dari itu, pemerintah menginginkan adanya lembaga yang fokus mengelola transportasi publik secara terpadu di Jabodetabek baik dari sisi pembiayaan sampai koordinasi. Dengan kata lain, fungsi dari Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang sudah ada saat ini bisa ditambah kewenangannya atau akan dibentuk lembaga/entitas baru terkait rencana tersebut.

“Jadi masih membahas soal bagaimana entitas yang paling efektif, BPTJ dan kalau mereka harus menjalankan fungsi dari sisi pelaksanaan dari pembangunan-pembangunan infrastruktur,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta.

Pemerintah Ingin Ada Lembaga Khusus Urus Buat Transportasi JabodetabekIlustrasi transportasi massal busway (DOK.JAWAPOS.COM)

“Presiden meminta supaya kita melihat dari sisi institutional settingnya, lembaganya, sehingga mampu menjawab urgensi pembangunan ini sehingga bisa melakukan koordinasi antar Kementerian/Lembaga dan daerah,” terangnya.

Sri Mulyani mengatakan nantinya akan dilihat dari sisi aturan undang-undang, bagaimana entitas itu dapat menjalankan fungsi sebagai perencana sekaligus pelaksana dari pengelolaan tranportasi terpadu. Termasuk dari sisi kebijakan dengan pemerintah daerah.

“Nanti dilihat saja dari BPTJ apa kekurangannya,” terangnya.

Yang jelas, kata dia, para kepala daerah mulai dari Gubernur DKI Jakarta, Wagub Jawa Barat, Walikota Bogor, Walikota Tangsel menginginkan adanya tranportasi terpadu yang dapat mempermudah mobilitas para masyarakat di daerah penyangga DKI Jakarta.

“Tantangannya bagaimana badan (BPTJ) mampu mengeksekusi dari sisi pembangunan, perencanaannya, penganggarannya dan bagaimana koordinasi dari sisi pengelolaan asetnya itu. Nanti ini yang akan dimintakan bapak presiden dan akan dibahas lagi oleh menteri kepala daerah dan pak wapres,” pungkasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin

Reporter      : Uji Sukma Medianti


Artikel yang berjudul “Pemerintah Ingin Ada Lembaga Khusus Urus Buat Transportasi Jabodetabek” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment