Terbukti Halangi Penyidikan Eddy Sindoro, Lucas Divonis 7 Tahun - Jelajah Nasional

Wednesday, March 20, 2019

Terbukti Halangi Penyidikan Eddy Sindoro, Lucas Divonis 7 Tahun

Jelajah Nasional – Terdakwa perkara merintangi penyidikan kasus suap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, advokat Lucas divonis 7 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Lucas juga dijatuhi hukuman denda senilai Rp 600 juta subsider enam bulan kurungan.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Lucas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah bersama-sama merintangi penyidikan korupsi Eddy Sindoro,” kata Ketua Majelis Hakim Frangki Tambuwun membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (20/3).

Majelis hakim menilai, Lucas terbukti membantu tersangka kasus suap penanganan perkara Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Eddy Sindoro untuk kabur ke luar negeri.

Gedung KPKIlustrasi: Gedung KPK (Dery/ Jelajah Nasional)

Lucas disebut membantu Eddy kabur ke Bangkok, Thailand sesaat setelah mendarat dari Malaysia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dalam melakukan aksinya, Lucas dibantu oleh seorang bernama Dina Soraya dan Dwi Hendro Wibowo alias Bowo.

Dalam pertimbangannya, Frangki menyatakan hal yang memberatkan terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Kendati demikian, hakim juga mempertimbangkan hal yang meringankan dari vonis tersebut yakni belum pernah dihukum, menjadi tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah.

“Hal yang meringankan terdakwa memiliki tanggungan keluarga, terdakwa belum pernah dihukum,” jelas Ketua Majelis Hakim Frangki.

Putusan majelis hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut Lucas agar dijatuhi hukuman maksimal 12 tahun penjara. Meski Lucas terbukti melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Editor           : Kuswandi

Reporter      : Muhammad Ridwan


Artikel yang berjudul “Terbukti Halangi Penyidikan Eddy Sindoro, Lucas Divonis 7 Tahun” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment